Minggu, 04 Desember 2011

STRATEGI FORMASI DAN TIPS BERMAIN WINNING ELEVEN/ PRO EVOLUTION SOCCER (Edisi 4-4-2)


Hai para blogger & para pengguna internet lainnya......
Pada hari ini gw akan berbagi artikel tentang ilmu bola yang gw buat sendiri, ya sekedar iseng dan berbagi ilmu tentang bermain WE & PES. Kebetulan gw termasuk orang yang jago dalam bermain WE/PES.  Karena dalam bermain WE/PES yang sangat penting adalah formasi, strategi dan kerjasama tim. Dalam hal ini saya agak mengesampingkan aksi individu pemain, karena hal itu akan mudah terbaca pertahanan lawan. Berikut formasi dan strategi yang pas dalam beberapa formasi:

1.     4-4-2 Classic

 Ini adalah formasi klasik yang di era sepak bola modern ini masih banyak digunakan oleh tim-tim di dunia ini, bahkan beberapa pelatih besar seperti Sir Alex Ferguson, Allegri, C. Ranieri, Fabio Capello dan juga oleh pelatih Tim U-23 SEA GAMES kita Rahmad Darwaman. Ini merupakan formasi yang  seimbang, karena memiliki 4 bek & 4 gelandang dengan jumlah yang pas dan saling berhubungan satu sama lain. Dengan formasi ini 2 bek sayap bisa aktif ikut menyerang atau juga fokus bertahan.
Terkadang anda dapat  melakukan variasi pada bek sayap tersebut, misalnya bek sayap no.3(lihat contoh fomasi di atas) memiliki kemampuan dribble cepat dan dapat menusuk langsung ke lini pertahanan lawan. Sedangkan bek sayap satu lagi tidak memiliki kecepatan dan dribble yang baik, namun memiliki crossing akurat yang memanjakan para striker. Terserah pada anda dalam memilih komposisi yang pas untuk posisi 2 bek sayap tersebut.
Untuk gelandang tengah anda dapat mengkombinasikan dua gelandang dengan tipe yang berbeda. Contoh gelandang nomor 6(lihat contoh fomasi di atas) memiliki daya fighting mencakup speed, body, defence, dan kemampuan membaca serangan yang baik terhadap pemain lawan. Sedangkan untuk nomor 8 memiliki passing akurat, tendangan jarak jauh yang baik, dan dapat mengatur tempo pertandingan. Pemain nomor 8 inilah yang  paling penting peranannya di formasi ini. Jadi anda harus benar-benar memilih pemain yang tepat untuk pemain no.8 ini. Untuk kedua sayap tergantung anda mengombinasikannya, sama seperti tipe 2 bek sayap yang tadi disebutkan di atas. Tapi sekali lagi, terserah bagaimana anda menentukan komposisi pemain yang  pas untuk pemain-pemain tengah ini.
Untuk pemain depan juga terdapat 2 tipe pemain yang dapat anda kombinasikan menjadi duet striker yang menakutkan bagi lawan. Contoh pemain nomor 10(lihat contoh fomasi di atas) anda dapat pasang pemain yang mampu mengobrak-abrik pertahanan lawan dengan akselerasinya, dan mejadi pelayan bagi striker duetnya. Dengan kata lain striker no 10 ini bertipe second striker dalam formasi ini. Nah untuk striker yang satu lagi(nomor  9 di gambar) bertipe Target Man, dan menjadi tumpuan untuk mencetak gol.Pemain ini harus memiliki insting gol yang tajam, pintar menempatkan posisinya, dan memiliki penyelesaian akhir yang mematikan. Contoh striker tipe ini adalah Raul Gonzalez, Van Nistelrooy, Hernan Crespo, Fillipo Inzaghi dan masih banyak lagi lainnya. Tapi sekali lagi nih, terserah bagaimana anda menentukan komposisi pemain yang  pas untuk duet di lini depan ini.
Demikianlah penjelasan komposisi pemain yang pas untuk formasi ini. Jalannya formasi ini tergantung anda memainkannya, tetapi saran saya kedua sisi sayap anda harus aktif dalam membangun serangan, jangan pincang di satu sisi karena akan mudah terbaca lawan. Dan pemain tengah anda juga harus pintar mengatur tempo dan menyeimbangkan tim, jangan terbawa arus permainan lawan.

2.     4-4-2 Diamond






 











Pada dasarnya formasi ini cukup populer di kalangan para pecinta WE & PES. Ini merupakan formasi yang agak mengarah ke Tim AC Milan, karena AC Milan sangat identik dengan 4-4-2 Diamond. Formasi ini merupakan salah satu formasi andalan dan favorit saya dulu, namun saat ini saya sudah agak jarang memakainya. Formasi ini memiliki pemain yang paling penting yaitu Trequartista.    Pada pilihan lini belakang sebenarnya sama saja dengan ulasan yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Jadi kita langsung saja ke lini tengah ya J, untuk nomor 6(lihat gambar diatas) ditugaskan sebagai perusak serangan lawan. Pemain nomor 6 ini haruslah mempunyai karakter fighting yang kuat baik itu pada speednya, bodynya atau kemampuan membaca serangannya.
Untuk kedua sayap sama saja dengan yang sudah saya jelakan sebelumnya, namun terkadang kedua 
sayap ini juga harus ikut membantu pertahanan karena hanya terdapat 1 gelandang bertahan di
formasi ini. Untuk pemain no 11(lihat gambar diatas) adalah pemain paling penting di formasi ini.
Pemain inilah yang bertugas mengatur serangan, mengacak-acak pertahanan lawan, memberi umpan
matang bahkan juga mencetak gol. Pemain ini disebut pemain lubang, di Italia disebut Trequartista 
yaitu pemain yang berdiri dibelakang dua striker . Ada 2 tipe untuk pemain ini, yang pertama adalah 
tipikal pemain yang dapat membongkar pertahanan lawan lewat aksi individunya yang berkelas tinggi 
contohnya Ricardo Kaka saat masih berseragam AC Milan dulu. Sedangkan yang kedua adalah 
pemain dengan tipe akurasi passing yang tinggi, tipikal pemain ini dapat mengatur tempo pertandingan 
namun aksi individunya biasa saja. Biasanya senjata andalannya adalah passing akurat yang dapat 
memanjakan para striker.
Untuk Lini depan sama saja dengan penjelasan saya sebelumnya, namun biasanya beberapa tim tak lagi memasang seorang Second Striker. Karena seorang trequartista sudah cukup untuk membongkar pertahanan lawan, jadi biasanya beberapa tim sudah memasang 2 striker bertipe finisher.

Demikianlah artikel ini saya buat, ini merupakan Edisi formasi 4-4-2. Untuk selanjutnya saya akan 
membuat artikel untuk berbagi macam formasi lainnya, jadi tunggu saja ya...

                                                                                    (Tangerang, Minggu 04 Desember 2011)

1 komentar: